Mengenal Lisensi Open Source Software

Hanya Linux

Software License

Kita semua telah mengenal bahwa hampir semua distribusi linux merupakan sistem operasi yang bersifat open source dan free software. Inilah yang membuat linux di permukaan terlihat ‘gratis’ tetapi sesungguhnya ada makna yang sangat dalam dari kata ‘gratis’ tersebut.

Mengapa lisensi penting, dan mengapa kita sebagai pengguna linux wajib mengenal dan mempelajari lisensi? Lisensi secara umum dapat diartikan memberi izin. Nah, Pemberian lisensi akan terjadi jika ada pihak yang memberi lisensi (pembuat software) dengan pihak yang menerima lisensi (pengguna / pemakai software) sehingga lisensi merupakan salah satu bentuk perjanjian tertulis.

Biasanya para pengembang aplikasi selalu memasukan lisensi pada tiap softwarenya (saya yakin semua software mempunyai lisensi). Patut dicatat bahwa pengembang aplikasi berbeda dengan pembuat / pemilik lisensi. Inilah sebabnya mengapa terdapat berbagai jenis lisensi karena diciptakan oleh orang / organisasi yang berbeda-beda dan digunakan pula oleh pengembang yang berbeda-beda. Saya tekankan bahwa pengembang aplikasi bebas memilih lisensi yang akan ia gunakan.

Lihat pos aslinya 648 kata lagi

1 comments

  1. freebiexp · September 14, 2015

    open source kelebihannya bisa dikembangin lagi jd lebih baik tp sayangnya ane kagak paham caranya..
    hehehhe
    nice article gan..
    http://www.freebiexp.com

    Suka

Tinggalkan komentar